Pendaftaran Santri Baru

https://ppdb.amanahgontory.my.id

Pos Terbaru

Kategori

Meta

Bulan April

Juni 2022
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

TMI ( Tarbiyyatul Mu’allimin Al Islamiyah )

Sebuah keniscayaan bagi Direktur Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI) dan jajarannya yang menangani ranah akademis di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory, untuk selalu meningkatkan dan memberdayakan seluruh komponen baik guru maupun murid dengan mengaplikasikan secara optimal program harian, bulanan, dan tahunan.  Program-program tersebut berada di bawah kepemimpinan dan pengawasan Direktur TMI Al-Ustadz Drs. Murshofi Salim, M.Pd  dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi santri dan guru. Program-program tersebut dengan ragam kegiatannya, di antaranya adalah :

Program Harian

Kegiatan belajar mengajar (KBM) dari pagi hingga sore hari merupakan rutinitas harian santri dan guru dengan pengawasan melalui pengecekan persiapan mengajar guru (  tauqi’  wa taftisy i’dad ), kontrol pengajaran guru di dalam kelas ( Naqdal-Tadris).  Rutinitas harian ini melibatkan semua unsur guru yang ada.

Program Mingguan

Evaluasi mingguan terhadap kinerja guru dalam proses mengajar selama seminggu selalu diadakan setiap hari sabtu baik oleh direktur TMI maupun pimpinan pondok dalam rangka memantapkan langkah dan penyamaan persepsi dan transformasi nilai-nilai pondok. Diadakan pula kegiatan pendalaman pelajaran ( ta’hil )  oleh guru yang membidangi materi tersebut. Beberapa pelajaran yang dita’hilkan antara lain: Durusullughoh, Usul Fiqih, Shorof, Nahwu, Hadist, Balaqhoh,  matematika dan lainnya.

Program Bulanan

Rapat bulanan untuk internal TMI  bertujuan menyamakan persepsi dalam menghadapi kegiatan pengajaran baik di putra maupun putri. Rapat ini dihadiri oleh seluruh elemen TMI. Demikian pula dengan perkumpulan wali kelas-wali kelas yang rutin diadakan pada tiap bulannya, bertujuan untuk mengetahui dan mengecek perkembangan santri dan santriwati dengan beragam permasalahan yang terjadi.

Program Tahunan

Kegiatan-kegiatan pada program tahunan yang sudah berjalan dan teratur yaitu:  Pembukaan tahun ajaran baru dan rapat awal tahun serta pembagian jadwal mengajar dan pembuatan Rencana Program Semester (PROMES). Untuk mengetahui hasil belajar mengajar selama satu tahun diadakan 2 (dua) kali ujian yang didahului masing-masing dengan pra semester bagi santri kelas 1 (satu) sampai dengan kelas V (lima), berbeda waktu dengan kelas VI (enam) yang dibagi dalam 2 (dua) gelombang, gelombang semester pertama dan semester kedua. Gelombang semester pertama berupa ujian tulis, untuk materi-materi yang sudah diajarkan dari kelas 1 (satu) sampai dengan kelas V (lima). Adapun gelombang kedua mereka menempuh ujian akhir yang sangat beragam, dari ujian menulis karya ilmiah berbahasa Arab atau Inggris, ujian bahstul masa’il  dalam fathul kutub, praktek mengajar (amaliyatuttadris) dan diakhiri dengan ujian lisan dan tulis khusus materi kelas VI (enam). Pada tahun ini terjadi penambahan kegiatan bagi kelas V (lima) yaitu fathul kutub dengan materi bahasan yang berkaitan dengan fiqh, hadist dan tafsir.  Untuk kegiatan fathul munjid dan fathurrohman diadakan bagi santri kelas IV (empat) sampai dengan kelas VI (enam) sebagai mana juga lomba cerdas cermat bagi mereka yang duduk di kelas 1(satu) sampai dengan kelas V (lima) dalam rangka menghidupkan semangat belajar dan berlomba dalam kebaikan.

Adapun pelatihan manasik haji diselenggarakan hanya bagi santri kelas I (satu) putra dan putri dalam rangka melaksanakan praktek ibadah haji yang diajarkan oleh guru-guru Fiqh. Program kegiatan lainnya adalah ujian kompetensi santri dengan praktek pada bidang-bidang tertentu, yaitu : tahsinul qur’an untuk mengetahui kualitas bacaan qur’an santri, juga praktek ibadah amaliyah dalam pelaksanaan wudhu dan sholat. Semua kegiatan program tahunan ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh ustadz dan ustadzah.

Program Peningkatan Mutu. Untuk mempermudah pekerjaan dan peningkatan kontrol terhadap keberlangsungan kegiatan pendidikan, maka Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyah membentuk  bagian-bagian berikut

Bagian Penelitian dan Pengembangan Kurikulum. Bertanggung jawab dalam mengkaji materi-materi pelajaran, membentuk tim penyusun buku baru dan tim revisi buku pelajaran.

Bagian Sarana dan Prasarana. Bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas belajar, pengecekan  ruangan, menyediakan bangku dan meja khusus untuk setiap piket keliling dan meyediakan fasilitas kantor bagi guru-guru berkeluarga yang menunggu pergantian jam belajar mengajar.

BagianPendataan. Bertanggung jawab terhadap seluruh data santri dan santriwati, melaporkan perubahan data jumlah santri-santriwati dan guru kepada bapak direktur setiap bulannya dan  juga pendataan calon pelajar.

Bagian Pembinaan Karir Guru. Bertugas untuk mengadakan penataran bagi guru-guru baru dan menyelenggarakan pendalaman materi-materi yang sulit dan mengadakan ta’hil pelajaran-pelajaran yang sulit dan penting, diantaranya: Tarikhul_Islam, Balaghah, Nahwu, Shorof, Ushul Fiqh, Insya’, Diinul_Islam, Kimia, Matematika, Tarikh Adab Lughoh, dan Muthola’ah.

DATA SISWA TMI. Jumlah santri-santriwati TMI setiap tahunnya tentu mengalami penambahan dan pengurangan. Hal ini terjadi merata di seluruh kelas yang ada. Maka, berikut ini lampiran jumlah keseluruhan santri-santriwati dan guru TMI Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory tahun ajaran 2021 – 2022:

KELASSANTRISANTRIWATI
Kelas 1313280
Kelas 1Taksifi3139
Kelas 2291248
Kelas 3265232
Kelas 3Taksifi1524
Kelas 4159156
Kelas 5117135
Kelas 6102133
  Jumlah  1293  1247

Adapun jumlah guru-guru adalah 91 di pondok putra dan 97 di pondok putri.

Adapun Wali Kelas Pada Tahun Ajaran 2021 – 2022 adalah sebagai berikut :